بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sebuah upacara diadakan di kota Istanbul pada hari Kamis (03/08) untuk menandatangani protokol yang mengumumkan bahwa kota Yerusalem sebagai Ibukota Pemuda tahun 2018.

Protokol tersebut ditandatangani oleh ketua Forum Pemuda Konferensi Islam untuk Dialog dan Kerjasama, Elshad Isgandarov, dan oleh Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub.

Dalam upacara penandatanganan tersebut, Isgandarov mengatakan bahwa tujuan utama mengumumkan Yerusalem sebagai Ibukota Pemuda tahun 2018 adalah untuk menarik pemuda dari seluruh dunia datang ke Yerusalem dalam rangka membela kota suci umat Islam ini.

Isgandarov menjelaskan bahwa Yerusalem terpilih sebagai ibukota pemuda setelah melalui proses evaluasi secara hati-hati dan dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan aparat Israel terhadap orang-orang Palestina akhir-akhir ini turut berkontribusi untuk memilih Yerusalem daripada kota-kota lainnya.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina ,Jibril Rajoub, mengatakan bahwa kesepakatan, kegiatan dan program yang diusulkan akan menargetkan lebih dari 400.000 orang pemuda Yerusalem, Masjid Al-Aqsha dan real estat serta tanah di kawasan Kota Tua Yerussalem pada khususnya dengan terlebih dahulu memastikan semua persyaratan untuk melindungi bangunan-bangunan disana.

Dia menambahkan bahwa sebuah komite khusus umat Islam dan Kristen yang tinggal di Yerusalem akan dibentuk untuk menjangkau semua negara OKI agar mengunjungi Yerusalem, mendukung programnya dan berdiri bersama rakyatnya.

Al-Rajoub menekankan bahwa kesepakatan ini harus memiliki dampak dan memberikan dukungan yang akan menegaskan hak-hak orang Palestina atas kota suci Yerusalem.

Sumber : Middle East Monitor

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ