بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Setelah kunjungan resmi pertamanya ke Saudi tanggal 20 Mei 2017 lalu, akhirnya Trump memutuskan untuk menunda  pemindahan kedutaannya di Israel dari Kota Tel Aviv ke Al Quds (Yerusalem) yang terjajah. Keputusan ini diduga untuk menghindari benturan dengan sekutu sekutu AS di Timur Tengah.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (01/06), Presiden AS Donald Trump telah menandatangani keputusan penundaan tersebut. Akan tetapi, sejumlah pejabat di kalangan pemerintahan AS menegaskan bahwa ini bukan berarti Trump membatalkan janji kampanyenya terkait pemindahan kedutaan di Israel ke Al Quds.

Pejabat lainnya juga menekankan hal sama. Sumber pejabat AS yang dilansir Reuters mengatakan bahwa Trump masih komitmen dengan janji kampanyenya yang pada akhirnya memindahkan kedutaan untuk Israel.

Sementara itu, Gedung Putih mengaku bahwa keputusan ini bertujuan “memaksimalkan peluang” negosiasi untuk kesepakatan perdamaian antara Palestina dan Israel.

Para pendukung keputusan tersebut berpendapat bahwa langkah ini mumungkinkan AS menghindari kemarahan warga Palestina dan negara-negara Arab sekutu Barat. Di saat bersamaan, kata mereka, Trump juga berupaya mengaktifkan kembali negosiasi damai.

Trump sendiri menghindari segala pernyataan yang menunjukkan kemungkinan waktu pemindahan kedutaannya selama kunjungannya ke Israel dan Tepi Barat Mei lalu.

Pemindahaan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds sudah disahkan pada 1995 menyusul keputusan Kongres AS mengakui kota Palestina itu sebagai ibukota Israel. Namun para keputusan itu selalu ditunda oleh presiden yang memimpin AS. Alasannya masih sama; untuk menghindari benturan dengan sekutu-sekutu AS di Timur Tengah.
Trump dalam kampanyenya ketika pemilihan presiden menjadikan pemindahan kedutaan ini sebagai janji utamanya. Kala itu ia menegaskan bahwa Al-Quds adalah ibukota abadai bagi orang-orang Yahudi.

Wallahu a’lam bil showab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

..