بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kusuf dan Khusuf adalah gerhana Matahari dan Bulan.

Telah disebutkan dalam riwayat riwayat shahih dari Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bahwa tujuan utama dari gerhana ini adalah :

Allah hendak menunjukkan kebesaranNya untuk menakut-nakuti hamba-hambaNya agar mereka bertaubat dan berbuat kebaikan’

Para ulama telah berfatwa agar supaya tujuan utama ini benar-benar terealisasikan dengan sebaik-baiknya maka hendaklah terjadinya gerhana itu tidak diumumkan kepada masyarakat sebelum terjadinya.

Jika benar-benar telah terjadi gerhana dan telah disaksikan langsung dengan mata kepala maka pihak masjid penyelenggara shalat gerhana segera mengumumkan dengan seruan “Ash-Sholatu Jami’ah” yang tujuannya adalah agar kaum muslimin berkumpul di masjid untuk melaksanakan shalat gerhana.

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam menegaskan bahwa shalat gerhana itu dilaksanakan jika kita telah benar benar melihatnya dengan mata kepala dan bukan berdasar perhitungan.

Beliau bersabda: “Jika kamu telah melihatnya maka segera laksanakan shalat (gerhana)”.

Boleh jadi menurut perhitungan terjadi gerhana akan tetapi kita tidak bisa melihatnya karena tertutup mendung atau yang lainnya maka tidak dilaksanakan shalat gerhana.

Diumumkannya shalat gerhana di masjidmasjid jauh sebelum terjadinya dengan imam dan khatib yang telah dipilih dan ditentukan menjadikan shalat gerhana kehilangan hikmah dan tujuan utamanya yaitu untuk menakut-nakuti hamba-hamba Allah dan berubah menjadi mirip shalat terawih atau shalat ied. Kaum muslimin tidak lagi takut akan tetapi sibuk memilih di masjid mana mereka akan shalat gerhana sesuai dengan imam dan khatib yang mereka inginkan.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Malang, Jum’at 24 Jumadal Ula 1437 / 04 Maret 2016
Hamba Allah yang selalu berharap petunjuk, ampunan dan kasih sayangNya
Abdullah Sholeh Hadrami
@AbdullahHadrami

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ