بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Tartib Mushhafi adalah susunan  Al Quran berdasarkan perintah Allah, seperti Al Quran yang kita kenal sekarang ini sebagai mushhaf Utsmani.

Apa yang termaktub dalam mushhaf Utsmani, dimana Al Faatihah menjadi pembuka lalu disusul oleh Al Baqarah. Ali ‘Imran dst sampai surat An Naas.

Tartib Nuzuli adalah susunan Al Quran berdasarkan urutan turunnya ayat dari Malaikat Jibril kepada Rasulullah.

Adapun urutan penurunanya, yang dimulai dari Iqra’ kemudian Al Qalam, Al Muzzamil, Al Muddatsir dan seterusnya sampi surat An Nashr disebut Tartib Nuzuli, artinya tata urutan Al Quran sesuai dengan kronologi penurunanya.

Sistematika Turunnya Al Quran

Sistimatika penyusunan surat surat dan ayat ayat Al Quran memang tidak biasa, berbeda dengan apa yang menjadi adat manusia dalam menyusun buku buku dan dokumen.

Urutan penurunannya pun tidak sama dengan urutan pencantumannya dalam kodifikasi [ tadwin ] resminya.

Dikatakn dalam Al Mausu’ah al Qur’aniyah al Mutakhasshishah :

‘Tata urutan surat surat Al Quran memiliki pola yang tidak umum.  Ciri khas paling menonjol yang membedakannya adalah tata urutan surat surat dalam Mushhaf tidak sama dengan tata urutan penurunannya.

Kita akan mendapati surat Madaniyah yang turun lebih akhir didahulukan [ pencantumannya ] dalam Mushhaf dibanding surat Makkiyah yang lebih dulu turun.  Demikian pula sebaliknya.  Bahkan terkadang hal ini terjadi dalam [ tata urutan ] ayat ayatnya juga.  Seperti dua ayat tentang ‘iddah bagi wanita yang ditinggal mati oleh suaminya.

Begitu pula surat pendek mendahului surat panjang, dan sebaliknya.

Surat surat yang mirip dikumpulkan dalam satu pola berurutan, seperti surat surat yang dibuka dengan Haa Miim.  Sementara  – ditempat lain – [ dicantumkan ] dalam pola terpencar seperti al Musabbihat.

Meski demikian, para ulama sendiri berbeda pendapat perihal tata urutan ini.  Apakah ia merupakan tauqif atau dengan taufiq dan ijtihad …

Al Quran diturunkan secara berangsur angsur selama 23 tahun dalam urutan tertentu.  Dan urutan tersebut sangat berbeda dengan urutan penempatannya dalam Mushhaf Al Quran yang kita kenal sekarang.

Dan juga urutan surat berdasarkan Tartib Nuzuli, yakni berdasarkan urutan turunnya wahyu.

[table “” not found /]

Keterangan : Makkiyah  •  Madaniyyah

Wallahu a’lam bishowab Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.

.