بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Syam adalah nama sebuah negri pada masa lampau, yang terletak di  Timur Tengah, dengan batas batas yakni :

  • Timur : Laut Mediterania [1]
  • Barat : Sungai Efrat [2]
  • Utara : Gurun Arab [3]
  • Selatan : Pegunungan Taurus [4]

Al Arisy

[1] Laut Tengah, kadangkala disebut Laut Mediterania (‘Mediterrania’ berarti ‘daratan/ negeri tengah’) adalah laut antar benua terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta km².

[2] Sungai Efrat atau Sungai Furat (Inggris: Euphrates, Arab: نهر الفرات al-Furat, bahasa Ibrani: פרת: Prat, bahasa Turki: Fırat, bahasa Kurdi: Firat) adalah sungai besar yang bersama sama dengan sungai Tigris menjadi ciri khas Mesopotamia. Sungai Efrat bermata air di Anatolia, Turki, dan bermuara di Teluk Persia. Sungai ini panjangnya lebih kurang 2,781 kilometer (1,730 mil).

[3] Gurun Arab (Arab: صحراء_عربية) merupakan sebuah gurun di Semenanjung Arab. Gurun ini memiliki luas wilayah 2.330.000 km². Gurun ini memiliki panjang 2.100 km dan lebar 1.100 km. Gurun ini melintasi di beberapa negara seperti Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

[4] Pegunungna Taurus : Jajaran gunung di selatan Turki . Pegunungan Taurus membagi wilayah pesisir Mediterania Turki selatan dari pusat Dataran tinggi Anatolia. Sistem ini terbentang sepanjang kurva dari Danau Egirdir di barat ke hulu Efrat dan Tigris sungai di timur. Ini adalah bagian dari Sabuk Alpide di Eurasia.

•••

Negeri Syam merupakan tempat lahirnya mayoritas nabi nabi [ kecuali Nabi Muhammad ].  Di Syam juga lahir 3 agama besar  dunia yakni : Yahudi, Nasrani dan Islam.

Pada saat ini, Negeri Syam mencakup beberapa negara di Timur Tengah, di antaranya :

  • meliputi wilayah [sebagian] Yerusalem
  • Palestina,
  • Yordania,
  • Suriah, sejumlah tempat dinegara ini memakai nama Syam :
    • Bushra asy Syam, adalah kota administrasi Damaskus dan merupakan ibukota distrik Hawran,
    • Damaskus, adalah ibukota dan kota terbesar di Suriah,
    • Levant, wilayah Mediterania Timur, atau wilayah besar di Asia Barat yang dibatasi oleh Pegunungan Taurus di utara, Gurun Arab di selatan, Laut Mediterania di barat, dan Pegunungan Zagros di timur,
  • Libanon.

Bumi Syam adalah bumi yang diberkahi oleh Allah ﷻ dan semua itu tertuang jelas dalam ayat ayat Al Quran. Kemuliaan bumi Syam menyamai kemuliaan bumi Madinah dan Mekah.

Syam adalah benteng keamanan dan keimanan.

Dari Salamah bin Nufail ra. bahwa Rasulullah ﷺ bersabda : “Pusat negara kaum Mukmin adalah di Syam”. [ HR. ath Thabrani ]

Lebih dari itu, Rasulullah ﷺ telah memilih Syam di antara negara negara kaum muslimin dengan rasa bangga dan kata kata yang menyenangkan.

Dari Abdullah bin Hawalah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Kamu akan menemukan pasukan pasukan perang, pasukan dari Syam, pasukan dari Iraq, dan pasukan dari Yaman.”

Abdullah berkata, “Aku berdiri lalu berkata, ‘Pilihkan untukku, ya Rasululah’.” Rasulullah ﷺ menjawab, “Pilihlah yang di Syam, maka barangsiapa menolak, hendaknya bergabung yang di Yaman. Dan ijinkan dia menghadapi konsekuensi penolakannya, Allah yang Mahakuasa dan Maha Agung menjamin untukku Syam dan penduduknya.”

Rabi’ah berkata, “Aku mendengar Abu Idris berbicara tentang hadits ini dan mengatakan bahwa siapa saja yang Allah jamin maka tidak akan diterlantarkan.”

Imam Bukhari juga meriwayatkan dari Abdullah bin Umar –semoga Allah merohmati merekah- bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :

“Ya Allah, berkahilah untuk kami Syam kami; ya Allah, berkahilah untuk kami Yaman Kami,”

Ath Thabrani meriwayatkan didalam Al Kabirdari Abu Umamah RA, ia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda : ‘Allah menempatkan Syam di depanku dan Yaman di belakangku dan berkata kepadaku, ‘Wahai Rasulullah ﷺ, Aku letakkan di depanmu ghanimah dan rezeki, dan di belakangmu sebuah tambahan (kekuatan).”

 

 

 

 

 

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ