بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Surat adalah sebutan untuk bagian bagian dalam Al Quran.  Al Quran terbagi menjadi 114 bab yang disebut surat.  Surat surat  itu diatur berdasar panjangnya, dari yang terpanjang sampai yang terpendek, kecuali yang pertama [ Surah Al Fatihah ], yang disebut  Pembukaan.

Al Quran terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh Mushaf al Madinah an Nabawiyah (bi-Riwayah Hafsh).

Dan 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy. Mushaf al-Madinah an Nabawiyah bi-Riwayah ad-Durr ‘an Abi Amr al-Bashri. Madinah : Mujamma’ al-Malik Fahd li-Thiba’ah al-Mushaf asy-Syarif.

 

♥ Pembagian Al Quran

Juz :  Al Quran juga terbagi menjadi 30 bagian dengan panjang sama yang dikenal dengan nama juz. Pembagian ini untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al Quran dalam 30 hari (satu bulan).

Manzil : pembagian Al Quran dengan cara  memecah Al Quran menjadi 7 bagian dengan tujuan penyelesaian bacaan dalam 7 hari (satu minggu).

Kedua jenis pembagian ini tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu.

Surat :  adalah sebutan untuk bagian bagian dalam Al Quran.  Al Quran terbagi menjadi 114 bab yang disebut surat.  Surat surat  itu diatur berdasar panjangnya, dari yang terpanjang sampai yang terpendek, kecuali yang pertama [ Surah Al Fatihah ], yang disebut  Pembukaan.

Ayat: Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang terdiri dari  286 ayat yakni surat Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An Nasr dan Al ‘Așr.

Ruku’ : Surat surat yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang disebut ruku’ yang membahas tema atau topik tertentu.

 

Penting untuk diketahui bahwa pembagian Al Quran menjadi surah surah merupakan pembagian yang diperintahkan Allah dan  diajarkan oleh Rasulullah sendiri [ tauqifi ] dan itu tertuliskan dalam al Quran.
Sebagian dari suratsurat Al Quran mempunyai satu nama dan sebagian yang lain mempunyai lebih dari satu nama, sebagaimana yang akan diterangkan dalam muqaddimah tiap tiap surat.

Ayatayat yang memuat kata “Surah” antara lain Surah An-Nur ayat 1, at-Taubah ayat 86, dan al Baqoroh ayat 23.

Umumnya, pemberian nama surah disesuaikan dengan tema yang dibicarakan surah tersebut atau dengan nama yang telah ada dalam surah, seperti “al-Baqarah”, “Al ‘Imran”, dan “al-Isra'”. Dalam naskah-naskah kuno aI Quran, nama-nama surah sering dituliskan dengan nama semisal “Surah yang membicarakan sapi betina [al-Baqoroh]” atau “Surah yang membicarakan keluarga Imron [Al Imron]”.

Kadang juga beberapa kata atau bahkan kalimat dari suatu surah dipakai untuk menamakan surah, seperti surah “Iqro’ Bismi Robbika”, “Innaa Anzalnaahu”, dan “Lam Yakun”. Sifat suatu surah juga dapat digunakan untuk menamakan surah itu, seperti surah “Faatihatul Kitaab”, “Ummul Kitaab”, “as-Sab’ul Matsani”, “al-Ikhlas”, dan “Nisabatur Robbi”. Nama-nama dan sifat-sifat ini telah ada pada masa awal Islam berdasarkan kesaksian asar dan sejarah. Bahkan, nama sebagian surah telah disebutkan dalam beberapa hadits Nabi, seperti surah al-­Baqoroh, Ali ‘Imron, Hud, dan al-Waqi’ah yang mengindikasikan bahwa nama surahsurah tersebut telah ditentukan di zaman Muhammad dan bukan sesuatu yang ditentukan oleh Muhammad secara syar’i.

 

♥ Berdasarkan Tempat diturunkannya Al Quran

Menurut tempat diturunkannya, setiap surat dapat dibagi atas :

 

♥ Pembagian Surat Dalam Al Quran Menurut Panjang Pendeknya Surat

Surat-surat yang ada dalam Al Quran ditinjau dari segi panjang dan pendeknya terbagi atas 4 bagian, yaitu:

  1. As Sab’uththiwaal :  tujuh surat yang panjang.  Yaitu: Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa’, Al A’raaf, Al An’aam, Al Maa-idah dan Yunus.
  2. Al Miuun :  surat-surat yang berisi kira-kira seratus ayat lebih seperti: Hud, Yusuf, Mu’min dsb.
  3. Al Matsaani :  suratsurat yang berisi kurang sedikit dari seratus ayat seperti: Al Anfaal. Al Hijr dsb.
  4. Al Mufashshal :  suratsurat pendek. seperti: Adh dhuha, Al Ikhlas, AL Falaq, An Nas. dsb.

 

Pertama: As Sab’uththiwaal ada tujuh yaitu, al-Baqarah, Ali ‘Imraan, an-Nisaa’, al-Maa’idah, al-An’aam, al-A’raaf dan yang ketujuh ada pendapat yang mengatakan bahwa ia adalah surat al-Anfaal digabung dengan surat Bara’ah (at-Taubah) karena tidak ada pemisahan antara keduanya dengan Basmalah. Menurut pendapat yang lain, yang ketujuh adalah surat Yunus.

Kedua: al Mi’uun yaitu suratsurat yang jumlah ayatnya lebih dari seratus ayat, atau mendekati seratus.

Ketiga: al Matsaani yaitu suratsurat yang jumlah ayatnya di bawah al-Mi’uun. Dinamakan al-Matsaani, karena surat itu diulang-ulang dalam bacaannya (sering dibaca), lebih banyak jika dibandingkan dengan surat ath-Thiwaal dan al-Mi’uun.

Keempat: al Mufashshal, ada yang mengatakan bahwa awalnya dari surat Qaaf, ada yang mengatakan awalnya surat al-Hujurat, dan ada pendapat-pendapat yang lain.

Al Mufashshal terbagi lagi menjadi 3 :

  • Thiwaal al-Mufashshal dimulai dari surat Qaaf atau dari surat al-Hujurat sampai surat an-Naba’ atau sampai surat al-Buruuj.
  • Ausaath al-Mufashshal, dari surat an-Naba’ atau dari surat al-Buruuj sampai surat adh-Dhuhaa atau sampai surat al-Bayyinah.
  • Qishaar al-Mufashshal dari suratadh-Dhuhaa atau dari surat al-Bayyinah sampai akhir al Quran, sesuai dengan perbedaan pendapat dalam masalah ini.

Dan penamaannya dengan al Mufashshol dikarenakan banyaknya fashl (pemisahan) antara surat-surat tersebut dengan Basmalah/ Bismillah.

Jumlah surat dalam al Quran ada 114 surat, dan ada yang mengatakan bahwa jumlahnya ada 113 dengan menjadikan al-Anfaal dan at Taubah menjadi satu surat. Adapun jumlah ayatnya ada 6200 ayat lebih, hanya saja para Ulama berbeda pandapat tentang jumlah lebihnya tersebut.

Ayat yang terpanjang adalah ayat ad Dain (ayat utang piutang, yaitu ayat 282 dari surat al Baqarah) dan surat terpanjang adalah surat al Baqarah.

Pembagian ini memudahkan manusia untuk menghafalkan al Quran, dan mendorong mereka untuk mempelajari dan mengkajinya. Dan juga memberikan perasaan kepada pembaca suatu surat dari suratsurat al-Qur’an bahwa dia telah mengambil bagian yang cukup dan terpisah (berdiri sendiri) dari dasar agama dan dasar hukum syari’atnya yaitu al Quran.

(Sumber:مباحث في علوم القرآن, Syaikh Manna al Qaththaan, maktabah Ma’arif, Riyadh hal. 145-146. Diposting oleh Abu Yusuf Sujono)

 

♥ Sistimatika Turunnya Al Quran

Tartib Mushhafi adalah susunan  Al Quran berdasarkan perintah Allah, seperti Al Quran yang kita kenal sekarang ini sebagai mushhaf Utsmani.

Apa yang termaktub dalam mushhaf Utsmani, dimana Al Faatihah menjadi pembuka lalu disusul oleh Al Baqarah. Ali ‘Imran dst sampai Surat An Naas.

Tartib Nuzuli adalah susunan Al Quran berdasarkan urutan turunnya Ayat dari Malaikat Jibril kepada Rasulullah.

Adapun urutan penurunanya, yang dimulai dari Iqra’ kemudian Al Qalam, Al Muzzamil, Al Muddatsir dan seterusnya sampi Surat An Nashr disebut Tartib Nuzuli, artinya tata urutan Al Quran sesuai dengan kronologi penurunanya.

 

♥ Daftar Surat

Berikut ini merupakan daftar surat dalam Al Quran berdasarkan Tartib Mushhafi [ Al Quran Utsmani ]. Jumlah surat ada 114 surat. Terbagi menjadi 2 tempat pewahyuan : Makkah dan Madinah dan ayat berjumlah 6236 ayat menurut riwayat Hafsh.

Dan juga urutan surat berdasarkan Tartib Nuzuli, yakni berdasarkan urutan turunnya wahyu.

MushshafiNama SuratBhs ArabArtiJml AyatTurun Di Nuzuli
1Al Faatihah الفاتحة artinya Pembukaanالفاتحة Pembukaan7Mekah 5
2, Al Baqoroh البقرة artinya sapi betinaالبقرة Sapi Betina, 286, Madinah 87
3, Ali 'Imron آل عمران artinya Keluarga Imronآل عمرانKeluarga 'Imran, 200, Madinah 89
4 ,An Nisaa' النّساء artinya Wanita النّساء Wanita, 176 ,Madinah 92
5, Al Maa-idah المآئدة artinya Jamuan [hidangan makanan]المآئدة Jamuan (hidangan makanan), 120, Madinah 112
6 ,Al An'aam الانعام artinya Binatang Ternakالانعام Binatang Ternak, 165, Mekah55
7 ,Al A'raaf الأعراف artinya Tempat Yang Tertinggiالأعراف Tempat yang tertinggi, 206, Mekah39
8, Al Anfaal الأنفال artinya Harta Rampasan Perangالأنفال Harta rampasan perang, 75, Madinah 88
9, At Tawbah التوبة‎‎ artinya Pengampunanالتوبة‎‎ Pengampunan, 129, Madinah 113
10 ,Yunuus ينوسينوس Nabi Yunus, 109,
Mekah51
11, Huud هود هود Nabi Hud, 123 ,Mekah52
12, Yusuuf يسوفيسوف Nabi Yusuf, 111, Mekah53
13, Ar Ro'd الرّعد aartinya Guruh [petir]الرّعدGuruh (petir), 43, Mekah96
14 ,Ibroohiim إبراهيم إبراهيم Nabi Ibrahim, 52, Mekah72
15, Al Hijr الحجر artinya Al Hijr [nama gunung]الحجر , Al Hijr (nama gunung), 99 ,Mekah54
16 ,An Nahl النّحل artinya Lebahالنّحل ,Lebah, 128, Mekah70
17 ,Al Isroo' الإسرا artinya Perjalanan Malamالإسرا ,Perjalanan Malam, 111, Mekah50
18, Al Kahfi الكهف artinya Penghuni Penghuni Guaالكهف ,Penghuni-penghuni gua, 110, Mekah69
19, Maryam مريممريم ,Maryam (Maria) ,98, Mekah44
20 ,Tho Ha طه طه Tho Ha ,135 ,Mekah45
21 ,Al Anbiyaa' الأنبياء artinya Para Nabi الأنبياء ,Nabi-Nabi, 112, Mekah73
22, Al Hajj الحجّ artinya Hajiالحجّ, Haji ,78, Madinah 103
23, Al Mu'minuun المؤمنون artinya Orang orang Mu'minالمؤمنون, Orang mukmin, 118, Mekah74
24 ,An Nuur النّور artالنّور, Cahaya, 64 ,Madinah 102
25, Al Furqoon الفرقان artinya Pembedaالفرقان ,Pembeda, 77 ,Mekah42
26 ,Asy Syu'aroo الشّعراء artinya Penyairالشّعراء ,Penyair, 227, Mekah47
27 ,An Naml النّمل artinya Semutالنّمل, Semut ,93, Mekah48
28, Al Qoshosh القصص artinya Kisah Cerita, 88, Mekah49
29 ,Al 'Ankabuut, العنكبوت artinya Laba Labaالعنكبوت ,Laba-laba, 69 ,Mekah85
30 ,Ar Ruum الرّوم artinya Bangsa Romawi Timurالرّوم ,Bangsa Romawi, 60, Mekah84
31 ,Luqman لقمان artinya Keluarga Luqmanلقمان ,Keluarga Luqman, 34, Mekah57
32, As Sajdah السّجدة artinya Sajadah السّجدة ,Sajdah, 30 ,Mekah75
33 ,Al Ahzab الْأحزاب artinya Golongan Yang Bersekutuالْأحزاب ,Gol yg bersekutu, 73, Mekah90
34 ,Saba' سبا artinya Kaum Saba'سبا ,Kaum Saba' ,54 ,Mekah58
35, Faathir فاطر artinya Penciptaفاطر ,Pencipta ,45 ,Mekah43
36 ,Yassiin يس يس ,Yaasiin ,83, Mekah41
37 ,Ash Shooffaat الصّافات artinya Barisan Barisanالصّافات ,Barisan-barisan, 182, Mekah56
38, Shod ص Shaad, 88, Mekah38
39 ,Az Zumar الزّمر Rombongan-rombongan ,75 ,Mekah59
40 ,Al Mu’min, المؤمن المؤمن ,Orang yg Beriman, 85 ,Mekah60
41 ,Al Fushshilatفصّلت , فصّلت ,Yang dijelaskan, 54, Mekah61
42 ,Asy Syura الشّورى Musyawarah ,53 ,Mekah62
43, Az Zukhruf الزّخرف الزّخرف Perhiasan, 89, Mekah63
44 ,Ad Dukhaan الدّخان الدّخان ,Kabut, 59 ,Mekah64
45 ,Al Jaatsiyahالجاثية الجاثية ,Yang bertekuk lutut, 37 ,Mekah65
46 Al Ahqoof الَأحقاف الَأحقاف ,Bukit-bukit pasir ,35 ,Mekah66
47 ,Muhammadمحمّد , Muhammad, 38, Madinah 95
48, Al Fath الفتح Kemenangan, 29, Madinah 111
49, Al Hujuroot الحجراتالحجرات, Kamar kamar, 18, Madinah 106
50 , Qofق Qaaf ,45 ,Mekah34
51, Adz Dzaariyaat الذّاريات الذّاريات ,Angin yang menerbangkan, 60, Mekah 67
52 ,Ath Thuur الطّورالطّور, Bukit ,49, Mekah, 76
53 ,An Najm النّجْم Bintang, 62, Mekah, 23
54 ,Al Qomar القمر القمر ,Bulan, 55 ,Mekah37
55 ,Ar Rohmaan الرّحْمن الرّحْمن ,Yang Maha Pemurah, 78, Madinah & Mekkah, 97
56 ,Al Waaqi'ah, الواقعه ,Hari Kiamat 96, Mekah,46
57 ,Al Hadiid, الحديد ,Besi ,29 ,Madinah 94
58 ,Al Mujaadilah, المجادلة ,Wanita yang mengajukan gugatan, 22 ,Madinah 105
59 ,Al Hasyr, الحشْر ,Pengusiran ,24, Madinah ,101
60 ,Al Mumtahanah, الممتحنة ,Wanita yang diuji ,13, Madinah ,91
61 ,Ash Shaff, الصّفّ ,Satu barisan ,14 ,Madinah 109
62 ,Al Jumu'ah, الجمعة, Hari Jum’at, 11, Madinah 110
63 ,Al Munaafiquun, المنافقون ,Orang-orang yang munafik, 11, Madinah , 104
64 ,At Taghaabun التّغابن ,Hari dinampakkan kesalahan-kesalahan ,18 ,Madinah , 108
65 ,Ath Thalaaq, الطّلاق ,Talak ,12 ,Madinah 99
66 ,At Tahriim, التّحريم ,Mengharamkan, 12, Madinah , 107
67 ,Al Mulk, الملك ,Kerajaan ,30 ,Mekah ,77
68, Al Qalam, القلم ,Pena, 52, Mekah 2
69 ,Al Haaqqah, الحآقّة ,Hari kiamat ,52 ,Mekah ,78
70 ,Al Ma'aarij, المعارج ,Tempat naik ,44 ,Mekah79
71 ,Nuh, نوح ,Nuh, 28, Mekah ,71
72, Al Jin, الجنّ Jin, 28, Mekah 40
73 ,Al Muzzammil, المزمّل, Orang yang berselimut ,20 ,Mekah3
74 ,Al Muddatstsir, المدشّر ,Orang yang berkemul, 56, Mekah4
75, Al Qiyaamah, القيمة ,Hari Kiamat ,40, Mekah, 31
76, Al Insaan, الْاٍنسان, Manusia ,31 ,Madinah 98
77 ,Al Mursalaat ,المرسلات ,Malaikat-Malaikat Yang Diutus, 50, Mekah, 33
78 ,An Naba' , النّبا, Berita besar ,40 ,Mekah, 80
79 ,An Naazi'aat,النّازعات ,Malaikat-Malaikat Yang Mencabut, 46, Mekah, 81
80 ,'Abasa, عبس, Ia Bermuka masam ,42 ,Mekah, 24
81, At Takwir ,التّكوير ,Menggulung, 29, Mekah, 7
82 ,Al Infithaar ,الانفطار ,Terbelah ,19 ,Mekah, 82
83 ,Al Muthaffifiin ,المطفّفين ,Orang-orang yang curang, 36, Mekah, 86
84, Al Insyiqaaq, الانشقاق ,Terbelah ,25 ,Mekah, 83
85 ,Al Buruuj, البروج ,Gugusan bintang ,22, Mekah, 27
86 ,Ath Thaariq ,الطّارق ,Yang datang di malam hari ,17 ,Mekah, , 36
87 ,Al A'laa, الْأعلى ,Yang paling tinggi, 19 ,Mekah, 8
88 ,Al Ghaasyiyah, الغاشية ,Hari Pembalasan, 26 ,Mekah, , 68
89 ,Al Fajr , الفجر ,Fajar ,30 ,Mekah, 10
90, Al Balad, البلد ,Negeri, 20, Mekah, 35
91 ,Asy Syams, الشّمس ,Matahari ,15 ,Mekah, 26
92 , Al Lail , الّيل ,Malam ,21, Mekah, 9
93 ,Adh Dhuhaa, الضحى‎‎ ,Waktu matahari sepenggalahan naik (Dhuha) ,11, Mekah, 11
94 ,Alam Nasyrah, الانشراح‎‎ ,Melapangkan, 8 ,Mekah, 12
95, At Tiin, التِّينِ, Buah Tin, 8 ,Mekah, , 28
96 ,Al 'Alaq, العَلَق ,Segumpal Darah, 19 ,Mekah, 1
97, Al Qadr, الْقَدْرِ ,Kemuliaan, 5, Mekah, 25
98 ,Al Bayyinah, الْبَيِّنَةُ ,Pembuktian, 8, Madinah 100
99 ,Az Zalzalah, الزلزلة‎‎ ,Kegoncangan, 8, Madinah , 93
100 ,Al 'Adiyaat ,العاديات‎‎ ,Berlari kencang, 11 ,Mekah, 14
101 ,Al Qaari'ah, القارعة‎‎ ,Hari Kiamat ,11, Mekah, 30
102 ,At Takaatsur , التكاثر‎‎ ,Bermegah-megahan ,8, Mekah, ,16
103 ,Al 'Ashr ,العصر ,Masa/Waktu ,3, Mekah, 13
104 ,Al Humazah, الهُمَزة‎‎ ,Pengumpat ,9, Mekah32
105, Al Fiil ,الْفِيلِ ,Gajah, 5 ,Mekah, 19
106 ,Quraisy, قُرَيْشٍ ,Suku Quraisy, 4 ,Mekah, 29
107 ,Al Maa'uun, الْمَاعُونَ ,Barang-barang yang berguna, 7, Mekah, 17
108 ,Al Kautsar ,الكوثر ,Nikmat yang berlimpah, 3 ,Mekah, 15
109 ,Al Kaafiruun, الْكَافِرُونَ ,Orang-orang kafir ,6 ,Mekah, 18
110, An Nashr ,النصر‎‎ ,Pertolongan, 3 ,Madinah, 114
111, Al Lahab, المسد‎‎ ,Gejolak Api/ Sabut ,5, Mekah, 6
112, Al Ikhlaash الإخلاص‎‎الإخلاص‎‎, Ikhlas, 4 ,Mekah, 22
113, Al Falaq الْفَلَقِ artinya Waktu Subuhالْفَلَقِ, Waktu Subuh, 5 ,Mekah, 20
114An Naas النَّاسِ artinya Manusiaالنَّاسِ
.
Manusia 6Mekah, 21
[table “” not found /]

Keterangan : Makkiyah  •  Madaniyyah

Wallahu a’lam bishowab Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.

.