بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sultan Qalawun Ash Shalihi atau Al Malik An Nashir Abu Al Fatih Muhammad bin Al Manshur Saifuddin Qalawun Ash Shalihi adalah Raja atau penguasa Mesir yang memiliki perhatian besar pada pelayanan 2 tanah suci, Mekah dan Madinah. Ia merupakan ayah dari sultan Raja An Nashir Muhammad bin Qalawun.

Ia banyak membantu kafilah jamaah haji yang melintasi wilayah Mesir dengan menambah bekal mereka seperti makanan dan air. Ia juga membantu jamaah yang terpisah dari rombongan atau jamaan yang sakit.  Mereka diberikan tempat singgah dan dijamu dengan sebaik baiknya.

Yang Pertama Membangun Kubah Hijau 

Pada tahun 678 H, Sultan Qalawun Ash Shalihi berinisiatif untuk memperbaiki makam Nabi dengan membangun sebuah kubah diatas makam Nabi.  Tujuannya agar bisa dibedakan antara atap kamar yang mulia ini dan atap masjid di sekitarnya.

Jadi Sultan Qalawun Ash Shalihi adalah yang pertama kali membangun kubah hijau di Masjidil Nabawi.  Meskipun kemudian mendapat pertentangan dari ulama ulama.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.