بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

Sodom adalah nama sebuah tempat yang disebut dalam Kitab Injil sedang umat Islam menyebutnya sebagai Sadum.  Kota ini merujuk pada sebuah tempat dimana Nabi Luth diperintahkan Allah Ta’ala untuk berdakwah disana.  Karena penduduk kota itu telah melakukan perbuatan faahisyah yakni perbuatan keji dari sekian banyak perbuatan keji.

Kota ini diperkirakan berada  di utara Laut Merah [ ujung timur tanah Urdun ] di dekat laut mati di Yordan

Kajian arkeologis mengungkapkan bahwa kota tersebut berada di wilayah Laut Mati yang terbentang memanjang di antara perbatasan Israel-Yordania.

Sodom sesungguhnya adalah salah suatu kumpulan dari lima kota besar [ Pentapolis ].  Yakni Sodom, Gomora, Adma, Zeboim, dan Bela yang juga disebut Zoar [ Kejadian 19:22 ].

Daerah Pentapolis secara kolektif juga disebut sebagai “kota-kota Lembah Yordan” (Kejadian 13:12) karena mereka semua terletak di tepi Sungai Yordan, di daerah yang merupakan batas selatan tanah Kanaan.

Kata Sodom kemudian diambil sebagai kata  dalam  bahasa Hebrew S’dom yang berarti terbakar, sedangkan Gomorrah menjadi kata Amorah yang berarti tumpukan yang hancur.