.

 

 

 

Ruku’  adalah pembagian Surat surat  yang panjang  dalam Al Quran, dibagi atas sub sub bagian.  Ruku’ ini yang membahas tema atau topik tertentu.

 


Pembagian Al Quran

Juz :  Al Quran juga terbagi menjadi 30 bagian dengan panjang sama yang dikenal dengan nama juz. Pembagian ini untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al Quran dalam 30 hari (satu bulan).

Manzil : pembagian Al Quran dengan cara  memecah Al Quran menjadi 7 bagian dengan tujuan penyelesaian bacaan dalam 7 hari (satu minggu).

Kedua jenis pembagian ini tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu.

Surat :  adalah sebutan untuk bagian bagian dalam Al Quran.  Al Quran terbagi menjadi 114 bab yang disebut surat.  Surat surat  itu diatur berdasar panjangnya, dari yang terpanjang sampai yang terpendek, kecuali yang pertama [ Surah Al Fatihah ], yang disebut  Pembukaan.

Ayat: Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang terdiri dari  286 ayat yakni surat Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An Nasr dan Al ‘Așr.

Ruku’ : Surat surat yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang disebut ruku’ yang membahas tema atau topik tertentu.