بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Rajab adalah nama bulan ke-7 dalam kalender Hijriah dan termasuk satu dari empat bulan bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah. Rajab sering disebut sebagai Syahrullah, bulan yang dinisbatkan kepada Allah  SWT. Di bulan inilah terjadi peristiwa penting yakni malam Isra Mikraj dan ditetapkannya jumlah shalat wajib.

Arti kata Rajab   itu sendiri, tidak ada yang secara persis mengetahuinya.  Namun ada yang menyebut kata Rajab   berasal dari :

  • rajaba yang berarti malu.

Artinya seseorang malu untuk berbuat kejahatan di bulan ini.   Kita lihat sejak dulu,  bangsa Arab sangat memuliakan bulan ini.  Di bulan ini air yang membeku dan dingin,  perlahan lahan mulai menghangat lagi.  Cuaca mulai segar kembali.  Saat itulah  bangsa Arab akan melepaskan tombak dari besi tajamnya untuk menahan diri dari peperangan. Jadi bulan ini seolah menjadi bulan untuk melakukan genjatan senjata dan menahan diri dari peperangan. Mereka malu bila melakukan peperangan, pertikaian dan  persengketaan.

 

Empat Bulan Yang Dimuliakan Allah 

Ada empat bulan dalam satu tahun kalender Hijriah yang Allah berikan kemuliaan yang keistimewaan, yang tidak ada pada 8 bulan lainnya. Empat bulan itu disebut bulan haram, [ al  Asyhur al  Hurum ], yakni bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Dan bulan Rajab. adalah satu asatunya bulan haram yang tidak berurutan seperti bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, Muharram

Disebut bulan haram karena memang kata haram sendiri, dalam bahasa Arab berarti sesuatu yang dimuliakan atau yang mendapat kemulian.  Sebagaimana ulama menyebut Makkah sebagai al Haram al Makkiy, karena banyak kemuliaan yang diberikan Allah untuk daerah tersebut dibanding yang lain.

Empat bulan tersebut adalah tertuang dalam firman Allah Ta’ala  dalam Al Quran surat At Taubah ayat 36 :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (Al Quran) itu ada dua belas bulan sejak  Allah menciptakan langit dan bumi, empat di antaranya adalah bulan bulan haram

 

Abu Bakr Al Balkhi berkata :

شَهْرُ رَجَبٍ شَهْرُ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ

“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya’ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil.” ( Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 92748 )

Kemuliaan Bulan Rajab

Penyebutan bulan Rajab selalu disertai dengan disebutnya pula bulan Sya’ban dan Ramadhan.  Ini adalah tiga bulan yang rangkai merangkai.  Jika Rajab adalah Syahrullah [ bulan Allah ], Sya’ban adalah bulan Nabi, maka Ramadhan adalah bulannya umat Islam.

Setiap kali  Nabi Muhammad SAW memasuki bulan Rajab, beliau berdoa;

اللهم بارك لنا في رجب و شعبان و بلّغنا رمضان

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban,  dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan!” ( HR. Ibnu Ahmad, Baihaqi, dan Ibnu Majah )

 

  • Jika Rajab adalan bulan untuk bertaubat,
  • maka Sya’ban adalah bulan untuk memperoleh kasih sayang,
  • dan Ramadhan adalah bulan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

  • Rajab adalah syahr al-sâabiqîn, bulan yang menjadi peluang bagi mereka yang ingin berusaha lebih dahulu dalam meraih kebaikan.
  • Sya’ban adalah syahr al-muqtashidîn, bulan yang menjadi kesempatan bagi mereka yang berada dengan semangat yang tinggi dalam menabur kebaikan.
  • Dan Ramadhan adalah syahr al-‘âashîn, bulan yang terbuka bagi mereka yang berlumur dosa dan alpa, untuk segera memperbaiki diri agar bias menjadi insan rabbani yang lebih baik dari sebelumnya.
NoNama BulanJml HariArti
1, Muharram ,30,saat diharamkan peperangan atau niaga
2 ,Safar ,29,saat orang arab meninggalkan rumah mereka dalam keadaan kosong
3, Rabiul awal, 30, saat musim semi awal
4, Rabiul akhir ,29, saat musim semi akhir
5, Jumadil awal, 30, saat air membeku awal
6, Jumadil akhir, 29, saat air membeku akhir
7, Rajab ,30, saat salju mencair,
8, Sya'ban, 29, saat awal musim panas
9, Ramadhan, 30,saat bumi terbakar karena panas yang terik
10, Syawal, 29,saat unta menaikkan ekornya pada wadah
11, Dzulkaidah, 30,saat merendahkan kendaran untuk turun
12, Dzulhijjah ,29/(30),saat menjalani haji

 

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.