بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Muslim (bahasa Arab: مسلم Muslim) adalah secara harfiah berarti “seseorang yang berserah diri kepada Allah ﷻ “, termasuk segala makhluk yang ada di langit dan bumi.  Dan kata muslim hanya ditujukan kepada penganut agama Islam saja.  Untuk yang laki laki disebut dengan Muslimin ( مسلمون ) dan pemeluk wanita disebut Muslimat atau Muslimah ( مسلمة ‎) adalah sebutan untuk wanita Islam.

Al Quran menjelaskan tentang semua nabi dan rasul adalah sebagai Muslim, dari Adam عليه السلام , Nuh
عليه السلام , Ibrahim عليه السلام , Musa عليه السلام , Isa عليه السلام  dan Muhammad ﷺ. Al Quran menyatakan bahwa mereka adalah Muslim karena mereka hanya berserah diri kepada Tuhan, memberikan firman, dan menegakkan agama Allah ﷻ . Demikian pula dalam Al Quran surah Al Imran [3] ayat 52 :

 فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ 52

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabatsahabat setia) menjawab: “Kami lah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.

Kaum Muslim meyakini bahwa Allah ﷻ adalah Zat Yang Kekal, yang memiliki semua sifat ke-Maha-an, tidak tertandingi, mandiri, tidak melahirkan, dan tidak pula diperanakkan.  Inilah yang disebut  aqidah ketauhidan (monoteisme).

Muslim selalu melakukan shalat lima kali dalam sehari sebagai kewajiban dalam agama (fardhu), lima waktu salat ini adalah subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Ada juga shalat khusus pada hari Jumat yang disebut sebagai Shalat Jumat.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ