بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Suatu hari, dimasa setelah Rasulullah wafat, para sahabat mengunjungi Aisyah. Saat itu Khilafah Islamiyah sangat luas dan makmur. Sambil menunggu Aisyah, para sahabat yang saat itu sudah menjadi kaya raya, saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam macam.

Aisyah yang mendengar hal itu tiba tiba menangis. Tentu saja para sahabat terheran heran, “Apa yang membuatmu menangis wahai bunda Aisyah?” tanya para sahabat.

Aisyah menjawab, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan (mencapai) dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti”

Dalam piring Rasulullah, tidak pernah terkumpul lebih dari 2 jenis makanan. Pertama, gandum (sebagai makanan pokok). Lalu, sup ( atau sayur, atau lauk lainnya)

Bagaimana dengan kita?

Kita sering makan dengan menu lengkap. Ada nasi, ada sayur, ada daging, ada oseng oseng, ada ayam, sambel ati balado, dll…
setelah itu ditambah minuman jus, es, susu
Masih ditambah dessert. kue kue…..

Tidakkah kita malu kepada Rasulullah? k

Kta makan seperti babi (maaf).   Tak mengindahkan contoh yang diberikan Rasulullah. Kita lebih suka ‘mendengarkan’ nasehat dokter : memakan makanan 4 sehat 5 sempurna….

Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya macam macam makanan dalam perut telah melahirkan bermacam macam penyakit.
Lidah membuktikan, bahwa makan dengan hanya dua jenis makanan, membuat kita mampu menikmati kelezatan makanan tersebut.

Alhasil, ludah yang dibutuhkan untuk membantu mengunyah, akan bekerja dengan sempurna. itu artinya, makanan bisa dicerna dalam tubuh dengan sangat baik. Artinya pula, proses penyerapan gizi berjalan maksimal. Tidak ada makanan yang terbuang sia sia dalam tubuh kita. Dan anda tak perlu obat pencahar untuk melancarkan buang air besar tiap pagi…

Sejarah membuktikan, Rasulullah tidak pernah sakit sepanjang hidupnya… [ kecuali ketika menjelang wafat beliau ]

Maka sebaiknya tidak mudah tergoda untuk makan dengan menu bervariasi. Apalagi makan lagi jika sudah kenyang…..

Ingin sehat kan?