بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Pengadilan Mahkamah Agung Arab Saudi malam ini akan memutuskan, apakah kita sudah resmi masuki bulan Dzulhijjah ataukah belum.  Karena sampai senin malam kemarin bulan sabit Dzulhijah masih belum terlihat.

Demikian dikutip dari Saudi Press Agency pada Senin malam ini.

Rangkaian ibadah Haji yang telah dimulai sejak bulan Dzulqaidah, akan mencapai puncaknya nanti di bulan Dzulhijjah ini.  Yakni tangal 8 sampai 12 Dzulhijjah.  Karena itulah, penentuan kapan masuk bulan Dzulhijjah menjadi amat penting terkait penyelenggaraan pelaksanaan haji. Karena nanti akan ada Hari Tawiyah, Hari Arafah dan puncaknya adalah Hari Raya Idul Adha

Beberapa hari yang lalu, pengadilan meminta semua umat Islam di Kerajaan Arab Saudi untuk melihat bulan sabit sebagai penanda awak dari masuknya bulan Dhullhijah. Ini karena menurut kalender pada hari tersebut, yakni Senin 29 Dzulqaidah.

Dikatakan bahwa siapa pun yang melihat bulan sabit baru dengan mata telanjang atau melalui binokuler harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ .