بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kurma adalah salah satu jenis buah yang tumbuh subur dan sempurna di daerah yang beriklim panas seperti Timur Tengah.

Dan kurma adalah satu dari 21 jenis makanan yang disunnah untuk dikonsumsi dikarenakan khasiat serta gizinya yang menakjudkan.

21 Jenis makanan itu adalah :

Zam ZamKurma, Buah Tin, Zaitun, Biji Hitam [ Habatussauda], Madu Lebah, Delima, Susu kambing, Za’faron [ Safron ], Barli, Roti [gandum], Halia, Halba, Cuka Apel, Hirbis [ sejenis ketimun tapi besar ], Daging Kambing, Tembikai, Anggur, Jamur, Labu, Garam.

Bahkan boleh disebut bahwa kurma menempati jenis makanan yang teratas dalam hal khasiat dan kandungan gizinya, dibandingkan 21 jenis makanan sunnah lainnya.

Rasulullah bahkan mengumpamakan seorang mukmin seperti pohon kurma.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ الشَّجَرِ شَجَرَةً لَا يَسْقُطُ وَرَقُهَا وَإِنَّهَا مَثَلُ الْمُسْلِمِ فَحَدِّثُونِي مَا هِيَ فَوَقَعَ النَّاسُ فِي شَجَرِ الْبَوَادِي قَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَوَقَعَ فِي نَفْسِي أَنَّهَا النَّخْلَةُ فَاسْتَحْيَيْتُ ثُمَّ قَالُوا حَدِّثْنَا مَا هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ هِيَ النَّخْلَةُ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya ada diantara pepohonan, satu pohon yang tidak gugur daunnya. Pohon ini seperti seorang muslim, maka sebutkanlah kepadaku apa pohon tersebut?” Lalu orang menerka nerka pepohonan Wadhi. Berkata Abdullah : “Lalu terbesit dalam diriku, pohon itu adalah pohon kurma, namun aku malu mengungkapkannya.” Kemudian mereka berkata : “Wahai Rasulullah, beritahulah kami pohon apa itu?” Lalu beliau menjawab : “Ia adalah pohon kurma.”

 

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

 

♥ Kandungan  Kurma

Kurma merupakan makanan yang dapat disimpan sangat lama, meskipun disimpan dengan sangat lama buah ini mampu bertahan tanpa mengurangi kandungan gizi didalamnya sehingga bangsa arab mempersiapkan kurma dalam perjalanan panjangnya.

Buah kurma mengandung banyak zat gula serta 6 unsur makanan penting lainnya seperti lemak, protein, vitamin dan mineral dan air.

Dalam 7 butir buah kurma setara dengan 100 gram yang mengan gula 75gr, glukoasa, frugkrosa, sukrosa, selulosa. Kurma juga mengandung selulosa 4gr air 22.5 protein 2.5gr, lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21miligram, belerang 65 miligram zat besi 5 miligram, magnesium 65 miligram, kalsium 65 miligram, fosfor 72 miligram, serta mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, vitamin A 65miligram B1 0.08 miligram B2 0.05 CO 2 hingga 2.6miligram, juga asam glutation sebagai antioksidan.  100 gram kurma mengandung 350 kalori.

Kurma juga mengandung kalsium mangan vitamin K dan Bkompleks. Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi.

 

♥ Khasiat buah kurma

  • Manfaat buah kurma sebagai penangkal racun. Dengan memakan 7 butir kurma setiap hari dapat melawan racun karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta memiliki zat antioksidan.
  • Manfaat buah kurma untuk sumber energi. Buah kurma memiliki kandunagn energy untuk tubuh sehingga buah ini sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa.
  • Manfaat buah kurma untuk mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar.
  • Kurma dapat melancarkan buang air besar.
  • Kandungan tannin pada kurma yang merupakan anti infeksi anti inflamasi dan anti hermaracik.
  • Kandungan vitamin A pada buah kurma memiliki manfaat kesehatan mata , kesehatan kulit dan melinduungi dari kanker paru paru dan kanker mulut.
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  • Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek.
  • Kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B Kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.
  • Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria.
  • Manfaat kurma untuk ibu hamil :
    • Kurma mengandung zat besi untuk mencegah anemia sehingga buah ini baik untuk ibu hamil.
    • Kurma mengandung hormone oksitosin yang berguna untuk memperlancar persalinan dan asi.
    • Kandungan Glukosa dan Fructosa dan karbohidrat yang ada dalam buah kurma akan menambah kekuatan dalam proses persalinan.
    • Mengandung kalium yang bagus untuk mempertahankan kontraksi otot jantung.
    • Mengandung serat fiber yang sangat bagus untuk memperlancar proses pembuangan.
    • kurma mengandung Nutrisi Kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.
    • Nilai kandungan gizi pada kurma sangat kompleks, kandungan gloukosa dan fluktosa yang akan memberikan energy pada tubuh.
    • Selain zat gula kurma mengandung air, protein, serat dan sedikit sekali mengandung asam lemak jenuh,
    • kurma juga mengandung vitamin yang bias di bilang kompleks, vitamin A, B1, B2, B6, C serta berbagai mineral dan asam organic sehingga teramat saying jika anda menghilangkan menu kurma dalam menu makanan anda.
  • Kurma untuk mentahnik bayi.   HR. Al Bukhari no. 5467,3909,5469,5470 dan Muslim no. 2145,2146Tahnik adalah mengunyah sesuatu kemudian meletakkannya di langit-langit mulut si bayi. Imam Nawawy rahimahullah dalam kitab syarah Muslim menjelaskan bahwa:
    • Anjuran mentahnik bayi yang baru dilahirkan adalah sunnah, berdasarkan ijma’.
    • Hendaknya yang mentahnik adalah orang yang shalih, baik laki-laki maupun perempuan.
    • Lebih utama mentahnik dengan kurma
    • Memberikan kesempatan kepada orang yang shalih untuk memberi nama.
  • Untuk menangkal racun dan sihir.  Baca lebih detil : 7 Butir Kurma Sebagai Penangkal Racun Dan Sihir

 

♥ Bagaimana Rasulullah Mengkonsumsi  Kurma

Tercatat dalam beberapa hadits mengenai bagaimana Rasulullah mengkonsumsi kurma, beberapanya adalah sebagai berikut :

  1. Mencampur dengan keju, dalam HR. Abu Dawud no.3837 dan Ibnu Majah no.3343

Imam ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa zubdah (keju) dapat berfungsi melunakan tinja, melemaskan syaraf dan pembengkakan empedu dan kerongkongan. Jika dioleskan gusi bayi, akan mempercepat pertumbuhan gigi.

  1. Mencampur dengan mentimun, HR. Muslim no.2043, HR. Bukhari no.5440.

Rasa panas yang ada pada kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun, karena mentimun agak sulit dicerna di lambung , dingin dan kadang berbahaya. Sungguh pelajaran yang agung dari Rasul kita.

  1. Memakan kurma dengan semangka, HR. Abu Dawud no. 3836.

  2. Menganjurkan berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab), kalau tidak ada dengan kurma kering, kalau tidak ada dengan meminum air seteguk demi seteguk. HR Abu Dawud no.2356.

Kurma mengandung zat gula yang mudah diserap oleh darah, lambung dan usus. Zat gula (glukosa dan fruktosa) memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk menjalankan sholat maghrib.

 

♥ Larangan Memakan Kurma

  • Melarang memakan kurma bagi orang yang baru sembuh dari sakit.  HR. Abu Dawud no.3856.
  • Tetapi jika sakit mata, masih boleh memakan kurma.  HR. Ibnu Majah no.3343.
  • Jangan membuang kurma yang di dalamnya terdapat ulat, namun membersihkannya, HR. Abu Dawud no.3832

 

Kurma, Buah Yang Disebut Dalam Al Quran

Allah Subhanahu wa Ta‘ala telah mengabadikan dan mengutamakan buah kurma dibanding jenis buah-buahan yang lain. Dalam Al Quran, kurma disebut  dengan memakai lafadz pohon kurma : an Nakhl, an- Nakhiil atau an Nakhlah.

Ayat tentang kurma dapat dikaji dan dipelajari sendiri di dalam Al Quran di surat : Ar-Rahman : 11,  Al Qaf :10, Yaasiin : 67, Ar Ra’du : 4,  Maryam : 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah’.),  Maryam : 23, Al Baqarah : 266,  Al An’am : 99,  Al An’am : 141,  An Nahl : 11,  An Nahl : 67,  Al Isra’ : 91,  Al Kahfi : 32,  At Tahaa : 71,  Al Mu’minun : 19,  Yaasiin : 34,  Qamar : 20, Ar Rahman : 68,  Al Haaqah : 7 dan ‘Abasa : 29.

 

Kurma, Disebut Juga Dalam Hadis

  1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir.

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

  1. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan.
  • Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya’ (HR. Muslim no. 2046)
  • Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya’ (HR. Ibnu Majah no. 3328)
  1. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh dengan kurma ketika memerintahkan umat ini untuk bersedekah.

Dari Sahabat Adiy bin Hatim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda “Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah”. (HR. Muslim no.1016, HR. Bukhari no.6023, dan HR At-Tirmizdi no.2415).

  1. Kurma sangat baik untuk menjadi bekal, bahkan pada waktu perang. HR. Muslim no.1910

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.