بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kitab Al Lu’lu wal Marjan adalah sebuah salah satu kitab yang populer dalam khasanah dunia Islam.  Dan juga yang paling banyak dikutip kaum musliminShahih Al Lu’lu’ (Bukhari) Wal Marjan (Muslim) adalah kitab referensi himpunan hadits yang paling tinggi tingkat keshahihannya yang berisi haditshadits yang disepakati oleh dua orang imam terkemuka ahli hadits, yakni Al-Bukhari (194-265 H) dan Muslim (204-261 H).

Dan keseluruhan hadis itu memiliki sumber sahabat yang sama.

Al Hafizh Ibnu Hajar, ulama ahli hadits bertaraf internasional menyatakan, bahwa yang dimaksud dengan kesepakatan antara Al Bukhari dan Muslim ialah kesepakatan atas takhrij induk hadits dari segi nama sahabatnya, meskipun ada perbedaan dalam segi redaksinya.

Keseluruhan hadistnya berpredikat Shahih Muttafaq ‘Alaih, sehingga manakala sebuah hadist berpredikat Muttafaq ‘Alaih, maka jumhur ulama, sepakat untuk menerima hadis tersebut.

Shahih Al Lu’lu’ (Bukhari) Wal Marjan (Muslim) adalah kitab referensi himpunan hadits yang paling tinggi tingkat keshahihannya yang berisi haditshadits yang disepakati oleh dua orang imam terkemuka ahli hadits, yakni Al-Bukhari (194-265 H) dan Muslim (204-261 H).

Karena hadis yang terkandung keseluruhannya diterima oleh ulama, itulah sebabnya ulama ada yang menyebut bahwa ini adalah kitab yang paling shahih setelah Al Quran.

Kelebihan kitab ini atau Buku Al Lu’lu wal Marjan yang tidak ditemukan pada kitab yang lainnya adalah digabungnya hadits Shahih Al Bukhari yang teksnya paling sesuai dengan teks hadits yang ada dalam Shahih Muslim menjadi satu kitab.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ