بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Khulafaur Rasyidin adalah gelar yang diberikan pada 4 pemimpin Islam setelah Rasulullah ﷺ wafat, yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan  Nabi.

Sedang Khalifah itu sendiri adalah gelar yang diberikan pada pemimpin umat Islam [ setelah wafatnya Rasulullah ]. Sayyidina Abu Bakar adalah orang yang pertama kali memakai gelar Khalifah.  Gelar ini dipakai hanya hingga Khalifah ke empat, yakni khalifah sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Bidang tugas khalifah sama dengan bidang tugas Rasulullah.

Ada tiga gelar simbolik  utama  yang disematkan pada  orang yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam negara Islam, yakni  :

  1. Imam
  2. Khalifah
  3. Amirull Mukminin

Para Khulafaur Rasyidin atau dalam bahasa Arab: الخلفاء الراشدون  atau Khalifah Ar Rasyidin adalah para sahabat utama Rasulullah ﷺ yang tercatat paling dekat dan paling dikenal dalam membela ajaran Islam yang dibawa Rasulullah

Keempat khalifah tersebut dipilih bukan berdasarkan keturunannya, melainkan berdasarkan konsensus bersama umat Islam.

Khulafaur Rasyidin

Khalifah PertamaAbu Bakar Ash ShidiqTahun 11-13 H/ 632-634 M
Khalifah KeduaUmar Bin KhattabTahun 13-23 H/ 634-644 M
Khalifah KetigaUstman Bin AffanTahun 23-35 H/ 644-656 M
Khalifah KeempatAli Bin Abu ThalibTahun 35-40 H/656-661 M
Khulafaur Rasyidin adalah gelar yang diberikan pada 4 pemimpin Islam setelah Rasulullah ﷺ wafat, yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi.

Sumber : Tamadun Islam,  Mustafa Haji Daud,

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ