Kerajaan Yaman adalah sebuah kerajaan kuno yang terletak di Yaman.  Ibukotanya adalah Najran.

Kerajaan Nasrani ini erat kaitannya dengan peristiwa Pasukan Gajah yang kemudian tahun peristiwanya disebut Tahun Gajah.  Pada saat itu rajanya yang bernama Abraha Ash-Shabbah Al Habsy  atau Abraha al Ashram karena iri dan dengki ingin menghancurkan Kabah.

Kerajaan Aksum dan Yaman

Antara kerajaan Aksum dan kerajaan Yaman  telah lama terjalin hubungan yang erat. Bahkan sejak abad ke 3 Masehi. Ingat bahwa para pendeta Habasyah telah dikirim oleh rajanya ke Yaman untuk kegiatan misionaris. Itulah sebabnya Yaman yang semula penyembah berhala kini mereka menyembah Yesus Sang Mesias. Dan menjadikan Yaman sebagai Kerajaan Nasrani terbesar di benua Jazirah ini.
Kerajaan Yaman adalah sekutu seiman dari Kerajaan Habasyah itu sendiri.

Peristiwa Tahun Gajah

Kerajaan Yaman erat kaitannya dengan sebuah peristiwa besar dalam sejarah Islam.  Yakni ketika terjadi peristiw pasukan gajah dimana tahun terjadinya disebut Tahun Gajah.  Saat itu seorang Raja dari Kerajaan Yaman yang bernama  Abraha Ash-Shabbah Al Habsy  atau Abraha al Ashram memimpin sebuah pasukan gajah yang amat besar dari Kerajaan Yaman menuju Bakkah dengan maksud menghancurkan Kabah.  Abraha al Ashram tadinya adalah seorang panglima dari Kerajaan Aksum.  Ia diperintahkan oleh Raja Negus untuk memerangi Dzu Nuwas, seorang Yahudi yang telah melakukan kudeta di Kerajaan Yaman, yang kemudian dengan brutal membunuhi rakyat  Yaman bila tidak mau pindah agama menjadi Yahudi.

Lihat peristiwa Pasukan Gajah.