بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kata paling panjang di dalam Al Quran ada di dalam surat Al Hijr [15] ayat 22 :

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنْتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ 22

Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

Yakni kata : فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ

Yang artinya : … lalu Kami beri minum kamu dengan air itu.

Tafsir ayat 22 : Kamu tidak mampu menyimpannya, akan tetapi Allah yang menyimpannya untuk kamu, mengeluarkan sumber air di bumi sebagai rahmat dan ihsan-Nya kepada kamu.

Sedang surat Al Hijr itu sendiri berisi kisah tentang kaum Tsamud pada ayat 80 sampai dengan 84.  Dan kaum Tsamud ini  telah dimusnahkan Allah, karena mendustakan Nabi Shaleh dan berpaling dari ayat ayat Allah. Dalam surah ini terdapat juga kisah kisah kaum yang lain yang telah dibinasakan oleh Allah seperti kaum Luth dan kaum Syu’aib . Surah ini juga mengandung pesan bahwa orang orang yang menentang ajaran rasulrasul akan mengalami kehancuran.

 

Wallahu a’lam bil showab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
.