بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Imam adalah gelar yang pertama kali digunakan untuk mengenali pemimpin umat Islam dari segi ibadah khusus [ rukun Islam yang lima ], politik [ pemimpn negara ], sosial, kebudayaan dan segala bidang kehidupan.  Gelar ini, pertama kali telah disandang oleh Rasululllah.

Kemudian gelar imam ini dipakai oleh orang orang syiah untuk disematkan pada sebutan sayyidina Ali bin Abu Thalib.  Sehingga orang Syiah selalu menyebut Ali dengan sebutan Imam Ali.  Mereka menolak sebutan khalifah karena menurut mereka gelar imam lebih sempurna dan utama ketimbang khalifah.  Imam memiliki kekuasaan yang mutlak dan sah, Berbeda dengan khlaifah yang memiliki kekuasaan tapi tidak mempunyai hak yang sah [ karena menurut Syiah, Abu Bakar, Umar dan Ustman sebagai perampas hak Ali ]

Lebih jauh gelar imam dipilih oleh  syiah karena imam merangkap juga sebagai kepala negara [ khalifah ].  Imam berhak menerima gelar Khalifah dan Amirul Mukminin.  Karena tinggi dan besarnya kekuasaan imam ini, maka bagi para penyandangnya haruslah memiliki sifat sifat tertentu untuk menunjukkan kemuliaan gelar Imam. Sifat itu adalah sifat sifat kerasulan seperti maksum dari segala dosa.

Ada tiga gelar simbolik  utama  yang disematkan pada   orang yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam negara Islam, yakni  :

  1. Imam
  2. Khalifah
  3. Amirull Mukminin

 

Sumber : Tamadun Islam, Mustafa Haji Daud

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

.