بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allah Ta’ala menjanjikan kepada Ibrahim, bahwa nabi Ibrahim akan dijadikan imam bagi seluruh manusia.  Imam bagi seluruh manusia.

Al Quran surat Al Baqarah [2] ayat 124 :

وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ قَالَ إِنِّي جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا قَالَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي قَالَ لا يَنَالُ عَهْدِي الظَّالِمِينَ 124

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman : “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia“. Ibrahim berkata : “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman : “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim”.

Ketika Allah sebut Ibrahim bakal jadi imam bagi seluruh manusia, itu artinya Ibrahim adalah imam bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini.  Tidak perduli percaya pada Allah atau tidak, maka Ibrahim adalah imamnya.  Dan hari ini kita buktikan sendiri, bahwa Nabi Ibrahim, dipercaya oleh agama Nasrani dan Yahudi sebagai bapak monotheisme.  Meskipun pemahamannya melenceng, tapi inti bahwa Ibrahim adalah Imam Segala Manusia, tetap terlaksana.

Dan itu artinya pula, bahwa hanya ada 1 agama yang diakui oleh Allah Ta’ala.  Yakni agama Ibrahim, agama Islam.  Agama Islam adalah satu satunya agama bagi umat manusia yang diakui Allah.  Jadi konsep bahwa semua agama adalah benar, harus ditolak mentah mentah.

Lalu tibalah era Nabi Muhammad ﷺ, yang kepadanya Allahﷻ  berikan Al Quran.  Kemudian Allah berfirman dalam surat An Nahl [16] ayat 123 :

 ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ 123

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif.” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

Nabi Muhammad ﷺ diperintahkan oleh Allah ﷻ  untuk mengikuti agama Ibrahim, yakni agama Islam.  Jadi sungguh, agama Islam adalah agama yang hanif, satu satunya agama yang diidhoi oleh Allah.  Jadi, janganlah atas nama toleransi, kita mengadakan kedurhakaan kepada Allah dengan mengatakan semua agama adalah sama.  Naudzubillah min dzalik.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ