Dihalalkannya Harta Rampasan Bagi Nabi Muhammad SAW

Muhammad SAW diberi keistimewaan dengan dihalalkannya [ oleh Allah untuk menggunakan ] harta hasil rampasan perang [ ghanimah ].  Dulu tidak diperbolehka bagi siapapun, termasuk nabi nabi sebelumnya.

Dan kelak, barisan umatnya akan menyerupai barisan malaikat, bumi dijadikan sebagai masjid dan tanahnya suci. Keistimewaan ini membuktikan akan kemuliaan martabat beliau dan kasih atas umatnya.

“Aku telah diberikan lima keutamaan yang belum pernah diberikan kepada seorang nabipun sebelumku.

  1. Aku diutus kepada seluruh umat,
  2. bumi dijadikan sebagai masjid dan tempat yang suci,
  3. dihalalkan (bagiku) harta rampasan perang. Sedangkan Nabi sebelumku tidak diperbolehkan.
  4. Aku akan ditolong dari ketakutan selama sebulan, musuh takut akan diriku selama perjalanan sebulan.
  5. Aku diperintahkan, ‘Mintalah, niscaya akan dikabulkan’. Lalu aku menangguhkan permohonan tsb sebagai syafa’at bagi umatku, dan insyaAllah (isi permohonan tsb) akan diberikan kepada siapa yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun

HR Ahmad

Allah SWT berfirman dalam surat Al Anfaat ayat 41 :

. وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 41

Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnusabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

.