بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Orang orang Syiah tidak henti hentinya membuat dusta yang luarbiasa, bahkan dusta yang merendahkan Rasulullah sendiri.  Diantara dusta tersebut adalah mereka meyakini bahwa para imam syiah mengetahui seluruh bahasa manusia yang ada di dunia ini, sementara Nabi ﷺ tidaklah demikian.

Allah berfirman dalam surat Ibrahim [14] ayat 4 :

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ

Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka.

Para nabi berasal dari suku yang berbeda-beda, sehingga kitab-kitab yang diturunkan kepada merekapun menggunakan bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan bahasa para nabi tersebut.

Nabi Musa ‘alaihis salaam, tidaklah beliau berbicara dengan bahasa Arab, akan tetapi dengan bahasa kaum bani Isra’il, sehingga kitab yang diturunkan kepada beliau –yaitu kitab At Taurot- juga dengan bahasa tersebut.

Ternyata kaum Syiah mengimani bahwa para imam mereka mengetahui bahasa bahasa kitab kitab tersebut, karena kitab kitab para nabi tersebut berada bersama para imam dan dibaca oleh para imam.

Para imam Syiah mengetahui seluruh bahasa. Karenanya para imam memiliki seluruh kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah, dan mereka mampu untuk membacanya.

Tentunya kitab-kitab tersebut disusun dengan bahasa yang berbeda beda sesuai dengan bahasa masing-masing rasul dan kaumnya.

Al-Kulaini membawakan sebuah bab :

باب أن الأئمة عندهم جميع الكتب التي نزلت من عند الله عز وجل وأنهم يعرفونها على اختلاف ألسنتها

“Bab : Bahwasanya para imam di sisi mereka seluruh kitab-kitab yang turun dari sisi Allah azza wa jalla, dan bahwasanya mereka mengetahui kitab-kitab tersebut meskipun bahasanya berbeda-beda” (Ushuul Al-Kaafi 1/283)

Al-Majlisi berkata :

“Bab : Bahwasanya di sisi para imam kitab-kitab para nabi, para imam membaca kitab-kitab tersebut meskipun bahasanya berbeda-beda” (Bihaarul Anwaar 26/180)

Bahkan para imam Syiah bukan hanya mengerti bahasa kitab kitab para nabi, bahkan juga menguasai seluruh bahasa dan berbicara dengan seluruh bahasa- bahasa tersebut. Al-Majlisi berkata :

“Bab : Bahwasanya para imam mengetahui seluruh lahjat dan bahasa, serta mereka berbicara dengan bahasa-bahasa tersebut” (Bihaarul Anwaar 26/190)
Lalu Al-Majlisi menyebutkan riwayat-riwayat yang menunjukkan akan hal ini, diantaranya :

Al Hasan bin Ali ‘alaihis salam berkata : “Sesungguhnya Allah memiliki dua kota, salah satunya di timur dan yang lainnya di barat. Pada kedua kota tersebut adalah pagar dari besi, dan pada setiap kota ada satu juga pintu yang terbuka dari emas. Dan pada kota tersebut ada 70 juta bahasa, masing-masing berbicara dengan bahasa yang berbeda. Dan aku mengetahui seluruh bahasa, dan apa yang ada pada kedua kota tersebut, apa yang ada di antara kedua kota tersebut, serta tidak ada di atas kedua kota tersebut hujjah (imam) selain aku dan saudaraku al-Husain” (Bihaarul Anwaal 26/192)

Al-Harowi berkata : Imam Ar-Ridoo ‘alaihis salam berbicara dengan orang orang dengan menggunakan bahasa mereka. Beliau –demi Allah– adalah orang yang paling fasih dan yang paling berilmu tentang seluruh dialek dan bahasa. Maka pada suatu hari aku berkata kepadanya : Wahai cucu Rasulullah, sungguh aku kagum dengan pengetahuanmu tentang bahasa-bahasa yang berbeda-beda?. Maka ia berkata : Wahai Abu As-Sholt, aku adalah Hujjah Allah atas hamba-hamba-Nya, dan tidaklah boleh Allah mengangkat seorang hujjah atas suatu kaum yang hujjah tersebut tidak mengerti bahasa mereka. Tidakkah sampai kepadamu perkataan Amirul Mukiminin (Ali bin Abi Tholib) : Kami telah diberi Fashlul Khitoob?, bukankah Fashlul Khithoob kecuali adalah memahami bahasa-bahasa” (Bihaarul Anwaar 26/190)

Setelah menyebutkan riwayat-riwayat yang menunjukkan bahwa para imam mengetahui seluruh bahasa dan bisa berbicara dengan seluruh bahasa, lalu Al-Majlisi berkata :

“Adapun kondisi para imam yang mengetahui bahasa-bahasa maka riwayat-riwayat tentang hal itu hampir mendekati mutawatir, ditambah dengan riwayat-riwayat umum yang tidak menyisakan lagi keraguan akan hal ini. Adapun ilmu mereka tentang keahl ian-keahlian (keduniaan), maka keumuman riwayat yang banyak menunjukkan akan hal itu, karena telah datang dalam riwayat bahwasanya al-hujjah (imam) tidak boleh bodoh dalam sesuatu apapun yang ia berkata : “Aku tidak tahu”, disertai bahwasanya para imam mengetahui ilmu yang lalu, ilmu masa depan, dan bahwasanya ilmu seluruh para nabi telah sampai kepada para imam. Padahal mayoritas keahlian-keahlian dinisbahkan kepada para nabi ‘alaihim as-salaam, dan telah ditafsirkan pengajaran nama-nama kepada Adam ‘alaihis salaam mencakup seluruh keahilian-keahlian” (Bihaarul Anwaar 26/193)

Karenanya para pembaca yang budiman, ternyata imamimam mereka bisa berbicara dengan bahasa bugis dan bahasa sunda, bahkan bisa bahasa jawa dan bahasa Madura. Para imam sangat fasih untuk berkata, “mandre dan tindro”, juga fasih mengucapkan “monggo pinarak”, juga fasih mengucapkan “mangga..” serta mengucapkan “Da’rema…”

Riwayat riwayat Syiah yang disebutkan oleh Al Majlisi menunjukkan bahwa para imam lebih hebat daripada Nabi ﷺ. Karena tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa Nabi Muhammad ﷺmenguasai seluruh bahasa. Bahkan ada dalil yang menunjukkan bahwa Nabi ﷺ tidak mengerti bahasa Yahudi.

Zaid bin Tsaabit radhiallahu ‘anhu berkata :

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَعَلَّمْتُ لَهُ كِتَابَ يَهُودَ، وَقَالَ: «إِنِّي وَاللَّهِ مَا آمَنُ يَهُودَ عَلَى كِتَابِي» فَتَعَلَّمْتُهُ، فَلَمْ يَمُرَّ بِي إِلَّا نِصْفُ شَهْرٍ حَتَّى حَذَقْتُهُ، فَكُنْتُ أَكْتُبُ لَهُ إِذَا كَتَبَ وَأَقْرَأُ لَهُ، إِذَا كُتِبَ إِلَيْهِ

Rasulullah ﷺ memerintahakan aku, lalu aku mempelajari kitab kaum yahudi untuk beliau. Beliau ﷺ berkata, “Sungguh aku –demi Allah– tidak merasa aman dengan orang-orang yahudi atas tulisan tulisanku”. Maka akupun mempelajari bahasa yahudi, dan tidak sampai setengah bulan maka aku telah menguasai bahasa tersebut. Maka akupun menulis untuk Nabi jika beliau menulis, dan aku membacakan untuk beliau jika ada tulisan dikirim kepada beliau” (HR Abu Dawud no 3645 dan dinyatakan oleh Syaikh Al- Albani sebagai Hasan Shahih)

Sabda Nabi ﷺ “Sungguh aku –demi Allah– tidak merasa aman dengan orang-orang yahudi atas tulisan-tulisanku”, menunjukkan beliau tidak mengerti bahasa Yahudi, sehingga beliau khawatir kalau orang yahudi yang menuliskan untuk beliau atau membacakan tulisan yahudi untuk beliau maka ia tidak amanah dan melakukan perubahan. Maka Nabipun menyuruh Zaid bin Tsabit untuk belajar bahasa Yahudi sehingga jika Nabi hendak menulis surat dengan bahasa Yahudi maka Zaidlah yang menuliskannya, demikian juga jika ada surat datang dalam bahasa yahudi maka Zaidlah yang membacakannya.

Jika ternyata Nabi mengetahui seluruh bahasa maka ini sungguh merupakan mukjizat yang sangat hebat yang bisa menjadikan orang-orang a’jam beriman kepada Nabi ﷺ, akan tetapi mukjizat ini tidaklah masyhur.

Sumber : Firanda.com

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ