Nu’aim bin Hammad mengabarkan kepada kami, Baqiyah menceritakan kepada kami, dari Budhair, dari Khalid bin Ma’dan, Abdurrahman bin Amr As Sulami menceritakan kepada kami, dari Utbah bin Abdus-Sulami, bahwa ia menceritakan kepada kami, dari Utbah bin Abdus Sulami, bahwa ia menceritakan kepada mereka [ yang dimaksud adalah para sahabat ] bahwa Rasulullah ditanya oleh seseorang, “Bagaimana hal pertamamu wahai Rasulullah ?”

Rasulullah bersabda :

‘Yang  mengasuhku adalah bani Sa’d bin Bakar.  Kami dan anaknya pernah menuju ke tempat gembalaan kambing dan kami tidak membawa perbekalan, lalu aku katakan :

“Wahai saudaraku, pergi dan bawakanlah kami perbekalan yang ada pada ibu kita”.  Lalu saudaraku pun pergi dan akupun tidak bergerak dari tempat penggembalaan.  Kemudian ada dua burung putih yang menghampiriku, sepertinya adalah burung nasar.  Lalu salah satunya berkata : “Apakah ini dia … apakah ini dia ?” .  Lalu yang lain berkata : “Ya”.

Kemudian keduanya berlomba menemuiku. kemudian keduanya membawaku dan menelentangkanku, lalu keduanya membelah perutku, setelah itu mengeluarkan hatiku dan membelahnya.  Kemudian keduanya mengeluarkan gumpalan daging hitam darinya.

Lalu salah satu dari keduanya berkata : “Berikan kepadaku air salju”.  Lalu ia mencuci dengannya.  Lalu ia berkata : “Berikan kepadaku air sejuk”.  Lalu dengannya ia mencuci hatiku, setelah itu ia berkata lagi : “Berikan kepadaku ketenangan”  Lalu ia meletakkannya di hatiku.

Kemudian salah seorang dari keduanya berkata kepada temannya : “Jahit ia”.  Lalu ia menjahit dan diberi tanda kenabian.  Kemudian salah seorang dari keduanya berkata kepada temannya.  “Jadikan ia pada satu telapak dan jadikan seribu dariumatnya pada telapak”.

Kemudian Rasulullah bersabda :

“Kemudian aku mleihat seribu diatasku, dimana aku mau untuk di kurangi atasku separuh mereka”.

Lalu ia berkata : “JIka umatnya ditimbang dengannya, maka tentu saja akan lebih berat”.  Kemudian ia meninggalkanku.

Kemudian Rasulullah bersabda : “Kemudian aku sangat ketakutan, lalu aku menemui ibuku, setelah itu aku beritahukan apa yang aku jumpai, lalu ia khawatir kalau saja aku telah kemasukan bangsa jin.

Ibuku kemudian berkata : “Aidzubillah [ aku berlindung kepada ALlah ]” lalu ia pergi menggunakan untanya dan membawaku.  Ia meletakkan di atas tandu yang ada diatas tunggangan.  Dna ia mengambil posisi di belakangku hingga kami sampai ke rumah ibuku di Mekah.

Kemudian ia berkata : “Aku telah menyampaikan amanatku dan telah menjaganya”  Dan ia juga menceritakan kepada ibuku tentang  apa yang aku jumpai.  Lalu ibuku tidak terkejut dengan apa yang diucapkannya.

Lalu ibuku berkata : “Sesungguhnya aku melihat saat ia keluar dari rahimku, yakni cahaya yang menyinari kekaisaran Syam” [ dalam kihabrani sanad Ahmad adalah hasan ]

Diambil dari  Sunan Ad Darimi