Ramadhan adalah bulan dimana Allah menurunkan Al Quran kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia.  Al Quran adalah obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk.  Al Quran diturunkan pada suatu malam dalam bulan Ramadhan dan Malam diturunkannya Al Quran disebut  malam Lailatul Qodar satu malam di bulan Ramadhan, Allah berfirman :
“Bulan Ramadhan itulah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan- keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang bathil. Maka barang siapa diantara kamu melihat bulan itu hendaklah ia berpuasa.” (Surat Al-Baqarah :185)
Ketahuilah saudaraku –mudah-mudahan Allah memberkatimu- sifat bulan Ramadhan sebagai bulan yang diturunkan padanya Al-Qur’an dan kalimat sebelumnya dengan huruf fa yang menyatakan ilat dan sebab: “barangsiapa yang melihatnya hendaklah berpuasa”.
Memberikan isyarat illat (penjelasan sebab), yakni sebab dipilihnya Ramadhan adalah agar bulan tersebut adalah bulan yang diturunkan padanya Al Qur’an.