بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kata al Muqasyqisyah adalah turunan dari kata qasy-qa-sya [ قَشْقَشَ]  yang artinya daging direbus mendidih, hingga luntur berbagai kotorannya.

Turunannya lagi, kata taqasy-qa-sya, yang artinya sembuh dari sakit. Melihat dari asal katanya, kata al Muqasyqisyah memiliki akar makna: lepas dan bebas.

Dari makna ini, ulama menggunakan istilah al Muqasyqisyah untuk menyebut surat yang isinya berlepas diri dari setiap kekufuran dan kemunafikan.

 

Surat al Muqasyqisyah ada 5

Ulama menggunakan istilah al Muqasyqisyah untuk menyebut 5 surat :

  1. At Taubah [9]
  2. Al Kaafiruun [109]
  3. Al Ikhlash [112]
  4. Al Falaq [113]
  5. An Naas [114]

Empat diantaranya adalah surat Al Mufasshal [ surat pendek ] yakni Al Kaafiruun, Al Ikhlash, Al Falaq dan An Naas.  Sedang surat At Taubah masuk surat Al Mi’ in [ SuratSurat yang berisi kira-kira seratus Ayat lebih ]

Al Jauhari menukil keterangan dari al Ashma’i :

قال الأصمعيّ: وكان يقال لِ “قُلْ يا أيُّها الكافرونَ” و “قلْ هو الله أحدٌ”: المُقَشْقِشَتانِ، أي أنَّهما تُبْرِئانِ من النفاق

Al-Ashma’i mengatakan, dulu surat al kafirun dan surat al-Ikhlas disebut sebagai dua al-Muqasyqisyah. Artinya, kedua surat ini membebaskan dari sifat kemunafikan. (as-Shihah fi al-Lughah, 2/78).

Dalam Tafsir Ibnu Asyura dinyatakan,

روي عن ابن عمر عن ابن عباس : كنا ندعو سورة براءة المقشقشة

Diriwayatkan dari Ibnu Umar dan Ibnu Abbas, “Kami dulu mennyebut surat at-Taubah dengan nama al-Muqasyqisyah.” (at-Tahrir wa at-Tanwir, 10/5).

Ibnu Asyura juga mengatakan, ketika menafsirkan surat al-Falaq,

اسم المقشقشة مشتركا بين أربع سور: هذه، وسورة الناس، وسورة براءة، وسورة الكافرون

Nama al-Muqasyqisyah digunakan untuk menyebut 4 surat: surat al-Falaq, surat an-Nas, surat at-Taubah, dan surat al-Kafirun. (at-Tahrir wa at-Tanwir, 30/546).

Oleh karena itu, surat al Muqasyqisyah benar ada dalam Al Quran.  Namun bukan untuk menyebut nama surat, melainkah hanya istilah untuk menyebut suratsurat yang ada dalam al Quran, yang kandungan maknanya berlepas diri dari setiap kekufuran dan kemunafikan.

Sumber : konsultasisyariah.com

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
. .