بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Agama Islam dibangun atas lima pilar kepercayaan atau keimanan.  Yang bila satu saja dari lima pilar itu tidak dipercayai, maka seeorang tidak bisa disebut sebagai muslim.  Ia sudah jatuh pada kekafiran.  Lima pilar iman itu adalah :

  1. Percaya pada Allah
  2. Percaya kepada Malaikat Malaikat Allah
  3. Percaya kepada Kitab Kitab Allah
  4. Percaya kepada Nabi dan Rosul Allah
  5. Percaya kepada Hari Akhir

Dan Rukun Iman keempat adalah kita harus dan wajib percaya kepada para Nabi dan Rosul Allah. Itu kewajiban yang tidak bisa diganggu gugat.  Umat Islam, wajib peraya kepada seluruh Nabi dan Rosul.  Seluruhnya.  Satu saja ada Nabi atau Rosul yang kita tidak percaya, maka batallah ke-islaman kita.  Kita sudah masuk kategori kafir.

Dalil Dalil Kewajiban Beriman Kepada Para Rasul

Terdapat banyak dalil yang menunjukkan wajibnya beriman kepada para Rasul, di antaranya adalah firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqoroh [2] ayat 177 :

وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ باِللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ وَالْمَلَئِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّنَ

Akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kiamat, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabinabi.

Surat Al Baqoroh [2] ayat 285 :

كُلٌّ ءَامَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا

“Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan Rasulrasul-Nya (mereka mengatakan):’ Kita tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dan rasulrasul-Nya’, dan mereka mengatakan “Kami dengar dan kami taat…”.

Pada ayatayat di atas Allah menggandengkan antara keimanan kepada para Rasul dengan keimanan terhadap diri-Nya, malaikat-malaikat-Nya, dan kitab-kitab-Nya. Allah menghukumi kafir orang yang membedakan antara keimanan kepada Allah dan para Rasul. Mereka beriman terhadap sebagian namun kafir tehadap sebagian yang lain (Al Irsyaad ilaa shahiihil I’tiqaad, hal 146)

Pokok-Pokok Keimanan Terhadap Para Rasul

Keimanan yang benar terhadap para Rasul Allah harus mengandung empat unsur pokok yaitu:

  1. Beriman bahwasanya risalah yang mereka bawa benar-benar risalah yang berasal dari wahyu Allah Ta’ala.
  2. Beriman terhadap nama-nama mereka yang kita ketahui.
  3. Membenarkan berita-berita yang shohih dari mereka.
  4. Beramal dengan syariat Rosul yang diutus kepada kita, yaitu penutup para Nabi, Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallaam. (Syarhu Ushuuill Iman, hal 34-35)

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ