بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Al Muth’im bin ‘Adi adalah seorang tokoh Musyrikin Quraisy yang ketika Rasulullah saw. meminta perlindungan dan Al Muth’im mengabulkan permintaan Rasulullah ﷺ .

Peristiwa itu terjadi ketika Rasulullah pulang dari Thaif, dan tidak lagi memiliki seseorang yang mampu memberinya perlindungan.

Al Muth’im bin ‘Adi dan keluarganya kemudian mengambil perlengkapan senjata mereka dan keluar bersama menuju Kabah.

Setelah sampai di Kabah, ia mengutus orang untuk meminta Rasulullah ﷺ segera masuk ke kota Mekah. Rasulullah ﷺ pun memasuki kota Mekah, lalu menuju Kabah dan beliau langsung thawaf  dan melakukan shalat, kemudian kembali ke rumahnya.

Diriwayatkan bahwa Abu Jahal sempat bertanya kepada Al Muth’im bin ‘Adi, seperti yang tertera di Sirah Ibnu Hisyam, Bab “Kaifa Ajara Al Muth’im Rasulallah” (bagaimana Al Muth’im melindungi Rasulullah saw).

Abu Jahal bertanya, “Engkau pemberi jiwar ataukah pengikut Muhammad (muslim)?”

Al Muth’im menjawab, “Aku pemberi jiwar.”   Mendengar jawaban tegas Al Muth’im, akhirnya Abu Jahal berkata, “Kami melindungi siapapun yang engkau lindungi.” ( lihat juga Ar Rahiq Al Makhtum, Shafiyyur Rahman Mubarakfuri, Bab Ar Rasul shallallahu alaihi wasallam fi At Thaif ).

Wallahu a’lam bil showab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

..