بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Jawami’ul kalim [ بِجَوَامِعِ الكَلِمِ ] adalah sebuah kalimat yang ringkas, tapi memiliki makna yang dalam dan luas. Inilah salah satu keutamaan  Rasulullah ﷺ dalam berbahasa.  Beliau selalu menggunakan kata kata atau kalimat yang ringkas jelas namun padat makna.  Tidak pernah Rasulullah bertutur kata dengan kalimat yang panjang panjang namun tidak jelas maksudnya apa.

Allah ﷻ telah mengkaruniai Rasulullah ﷺ tutur bahasa yang  ringkas, padat, santun namun tegas.  Sehingga tidak ada kekeliruan sedikitpun dalam memahami kata kataRasulullah ﷺ, semua begitu rinci, detail, lengkap dan jelas.

Kefasihan ketika menyampaikan kalimat sangat berpengaruh bagi orang yang diajak bicara. Semakin fasih sebuah kalimat, semakin mudah untuk dipahami dan diingat. Inilah salah satu kelebihan yang diberikan Allah ﷻ kepada Rasulullah ﷺ.

Rasulullah ﷺ bersabda :

بُعِثْتُ بِجَوَامِعِ الكَلِمِ

“Aku diutus dengan Al Jawami’ul Kalim” (HR. Bukhari)

Inilah salah satu contoh akhlak nabi ﷺ  yang mulia. Beliau adalah orang yang tidak berbicara, kecuali pembicaraannya tersebut adalah kebaikan dan bermanfaat untuk orang lain. Sampai-sampai perkataan beliau yang sedikitpun, mengandung hikmah dan pelajaran yang sangat banyak.

Berbeda dengan sebagian orang di zaman ini. Alangkah mudahnya mereka berbicara kejelekan, alangkah mudahnya mereka mencela dan menjatuhkan kehormatan saudaranya. Bersamaan dengan itu, alangkah sedikitnya hikmah yang bisa dipetik dari perkataannya tersebut. Bahkan tidak jarang kita dengarkan perkataan yang sesat dan menyesatkan.

Wallahu a’lam bishowab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ♥ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ♥ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ♥ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ♥ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ